Candi Sojiwan Klaten, Wisata Sejarah Penuh Makna

Candi Sojiwan Klaten, Wisata Sejarah Penuh Makna

Candi Sojiwan Klaten adalah sebuah candi Buddhis yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah1. Candi ini dibangun pada abad ke-9 atau ke-10 dengan tinggi sekitar 27 meter2. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar kelima di Jawa Tengah2.

Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India1. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada1. Relief-relief ini memiliki makna yang sangat dalam dan mengandung pesan moral bagi manusia2. Beberapa contoh relief yang ada di Candi Sojiwan adalah:

  • Relief dua ekor angsa yang menerbangkan kura-kura, bermakna bahwa kita haruslah mengindahkan peraturan yang ada agar hal buruk tidak terjadi2.
  • Relief perlombaan antara Garuda dan kura-kura, bermakna bahwa kita tidak boleh meremehkan orang lain dan harus bersikap rendah hati2.
  • Relief kera dan buaya, bermakna bahwa kita harus berhati-hati dengan tipu daya orang jahat dan tidak mudah tergoda oleh iming-iming2.
  • Relief tikus dan ular, bermakna bahwa kita harus saling membantu sesama makhluk hidup tanpa membedakan status dan golongan2.
  • Relief serigala dan wanita serong, bermakna bahwa kita harus berhati-hati dengan orang-orang yang berpura-pura baik tetapi sebenarnya berniat jahat2.

Lokasi dan Akses Candi Sojiwan Klaten

Candi Sojiwan berada sekitar 1 km dari Candi Prambanan. Alamat Candi Sojiwan di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah2. Rute menuju Candi Sojiwan dari pusat kota Klaten ialah dengan menuju Jl. Raya Solo – Yogyakarta, kemudian belok kanan ke Jl. Banjarsari. Dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 25 menit dan jarak tempuhnya kira-kira 15 km2. Akses jalannya sudah dapat dilalui berbagai jenis kendaraan apapun, untuk lokasi parkirnya sendiri berada di sekitar pemukiman warga. Nantinya kamu tinggal nyebrang untuk menuju area Candi Sojiwan2.

Tiket Masuk dan Jam Buka Candi Sojiwan Klaten

Tiket masuk Candi Sojiwan sebesar Rp. 8.000,- per orang. Parkir motor sebesar Rp. 2.000,- dan parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-3. Jam buka Candi Sojiwan setiap hari Senin hingga Minggu beroperasional mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Fasilitas dan Daya Tarik Candi Sojiwan Klaten

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Candi Sojiwan Klaten diantaranya: area untuk menyimpan kendaraan, papan informasi, tempat duduk, gazebo. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana sejuk dan damai di sekitar candi yang jauh dari keramaian. Kawasan di sekitar candi sangat hijau dengan hiasan rumput dan pepohonan.

Daya tarik utama Candi Sojiwan tentu saja adalah relief-relief yang menghiasi kaki candi. Relief-relief ini merupakan karya seni yang mengagumkan dan memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Relief-relief ini juga dapat menjadi sumber pembelajaran bagi pengunjung tentang ajaran-ajaran Buddha yang sarat dengan hikmah. Selain itu, candi ini juga memiliki arsitektur yang menarik dengan bentuk stupa di puncaknya dan ukiran-ukiran halus di dindingnya. Candi ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang harus kita lestarikan dan apresiasi.

Kesimpulan

Candi Sojiwan Klaten adalah sebuah candi Buddhis yang memiliki relief-relief unik yang bercerita tentang Pancatantra atau Jataka dari India. Candi ini merupakan tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasi candi ini berada sekitar 1 km dari Candi Prambanan dan mudah dijangkau dari pusat kota Klaten. Tiket masuk candi ini cukup terjangkau dan fasilitasnya cukup memadai.

Pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan damai di sekitar candi serta mengagumi relief-relief dan arsitektur candi yang mengandung nilai seni dan budaya yang tinggi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *