Pohon & Kebun Surga (Pembahasan Kitab Haadil Arwah)

Syaikh Ibnul Qoyyim Al Jauzi menjelaskan tentang pepohonan yang berada di surga, kebun serta kerindangan yang terdapat didalamnya diantaranya adalah keterangan dari Ayat Al Qur’an :

“Dan Golongan kanan apa itu yang disebut golongan kanan?  Mereka adalah orang yang berada dalam kebun yang tidak berduri dan pohon pisang yang tersusun dan mereka berada dalam kerindangan yang terbentang, dan air yang tercurah dan buah yang sangat banyak yang tiada putus & yang tidak terhalangi” (Al Waqiah : 27-33)

فِيہِمَا فَـٰكِهَةٌ۬ وَنَخۡلٌ۬ وَرُمَّانٌ۬

“Didalam keduanya terdapat buah-buahan kurma & delima” (Ar Rohman : 68)

Dalam shohihain : “Sesungguhnya di dalam surga terdapat pepohonan dimana kalau seorang penunggang  kuda melewati bawahnya selama 100 tahun  maka kerindangan tersebut idak akan habis”

Dalam Jami’ Tirmidzi  dari Abu Hurairah : “Tidak ada satupun pohon didalam surga itu kecuali batangnya terdapat dari emas”.

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّا أُخْفِيَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاء بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Tak seorangpun jiwa yang mengetahui berbagai kenikmatan yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan” (As Sajdah : 17)

Nabi bersabda : “Dan satu tempat seluas busur disurga itu lebih baik dari dunia seisinya”

“Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan dalam surga maka dia adalah orang yang beruntung meskipun dia hanya diberi seluas busur”.

Download

Post Author: Syi’ar tauhid

Syiar Tauhid adalah sebuah Stasiun Radio yang mengudara di frekuensi AM 675 kHz dan dipancarluaskan melalui media internet melalui streaming di www.syiartauhid.info yang menyajikan Program Kajian Ilmiah Ahlussunnah dengan tema pembahasan Akidah, Fikih, Adab, Muamalah, Keluarga, Pendidikan Anak, dll. == [ Mari Mendulang Faedah Ilmiah bersama AM 675 kHz - Syiar Tauhid Radio Ahlussunnah Wal Jama'ah ] ==