Keutamaan Istighfar

Banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan yang besar dari kalimat istighfar, Faidah keutamaan dari kalimat ini bisa didapatkan baik di dunia terlebih lagi di akhirat.

Disebutkan dalam sebuah atsar Imam Hasan Al Bashri  didatangi oleh orang yang laki laki yang mengadukan kekeringan & kekurangan air, maka Hasan Al Bashri menasehatkan :”Beristighfarlah kepada Allah”, ada juga orang yang datang mengadukan kefakiranya, maka Imam Hasan Al Bashri berkata :”Beristighfarlah kepada Allah”, Ada orang yang datang dan mengadukan kekeringan kebunnya,maka kata Hasan Al Bashri :”Beristighfarlah kepada Allah”, juga seseorang datang dan mengadukan tentang seorang bapak yang belum dikaruniakan  keturunan, maka Imam Hasan Al Bashri pun juga berkata : “Beristighfarlah kepada Allah”.

Nasehat Imam Hasan Al Bashri tersebut adalah didasarkan pada Surat Nuh 10-12 ketika Nabi Nuh berkata kepada kaumnya : “Memohon ampunlah kepada Robb kalian sesungguhnya Dia adalah maha Pengampun niscaya akan menurunkan hujan dan menambahkan harta & dan megkaruniakan anak-anak, dan Allah menjadikan buat  kalian kebun-kebun & sungai yang mengalir”.

Hadits yang Diriwayatkan Ibnu Majah : “Keberuntungan yang sangat besar bagi orang yang mendapati catatan amalnya memiliki catatan istighfar yang sangat banyak”.

Diriwayatkan  Imam Thabrani  dalam kitab Al Awsath hadits dari Zubair, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa yang ingin digembirakan oleh catatan amalnya , Maka Hendaknya dia memperbanyak istighfar.

Begitu agungnya kedudukan Istighfar dan banyak disebutkan dalam dalil-dalil Al qur’an & Hadits, lalu bagaimanakah kalimat istighfar yang dicontohkan oleh Rasulullah? untuk kajian selengkapnya bisa di download disini

Post Author: Syi’ar tauhid

Syiar Tauhid adalah sebuah Stasiun Radio yang mengudara di frekuensi AM 675 kHz dan dipancarluaskan melalui media internet melalui streaming di www.syiartauhid.info yang menyajikan Program Kajian Ilmiah Ahlussunnah dengan tema pembahasan Akidah, Fikih, Adab, Muamalah, Keluarga, Pendidikan Anak, dll. == [ Mari Mendulang Faedah Ilmiah bersama AM 675 kHz - Syiar Tauhid Radio Ahlussunnah Wal Jama'ah ] ==