Kedudukan Qiyas dalam Islam

Makna Qiyas adalah melekatkan cabang kepada yang pokok atau menyamakan cabang dengan pokoknya karena ada sebab yang menggabungkan antar keduanya sebagai contoh dalam ayat Al Qur’an Surat Al Isra’ ayat 23 : “Janganlah kalian berkata ah! kepada keduanya(orang tua)” maka dengan ayat ini dapat diqiyaskan bahwa memukul atau menendang tingkat pelaranganya lebih tinggi dari pekataan “ah”.

Selanjutmya masuk perkataan penulis (Imam Al Barbahari) dalam kitab Syarhussunnah “Dan Ketahuilah bahwasannya tidak ada dalam sunnah itu qiyas”.

Makna dari perkataan penulis tersebut menurut Syaikh Sholih Fauzan tidak terlepas dari dua hal:

  1. Tidak ada dalam Islam Qiyas yang bathil.  Dan para ulama sepakat bila ada qiyas yang shahih (tidak bertentangan dengan nash Al qur’an dan hadits) maka semua ulama sepakat menerimanya.
  2. Tidak ada Qiyas dalam perkara Aqidah.  Sunnah diatas  dipersempit maknanya hanya dalam perkara aqidah, dan dalam perkara aqidah ini dipersempit lagi hanya dalam bagian aqidah Asma wa Shifat. Disebabkan perkara aqidah itu adalah perkara tauqifiyah.

Tauqifiyah adalah maknanya mengikuti nash sehingga tidak ada ruang untuk menambah sama sekali, dia hanya berputar pada nash. Adapun akal tidak memiliki peran dalam hal aqidah, sedangkan qiyas bersumber pada akal, sehingga qiyas tidak boleh menyentuh dalam hal aqidah.

Bagaimanakah penjelasan selengkapnya tentang makna qiyas? Dan apa yang terjadi belakangan ini tentang pemikiran yang ditebarkan oleh seorang yang mengaku muslimah Kanada bernama Irshad Manji yang menuduh Al Qur’an telah di edit oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassallam? Simak kajian selengkapnya disini.

Post Author: Syi’ar tauhid

Syiar Tauhid adalah sebuah Stasiun Radio yang mengudara di frekuensi AM 675 kHz dan dipancarluaskan melalui media internet melalui streaming di www.syiartauhid.info yang menyajikan Program Kajian Ilmiah Ahlussunnah dengan tema pembahasan Akidah, Fikih, Adab, Muamalah, Keluarga, Pendidikan Anak, dll. == [ Mari Mendulang Faedah Ilmiah bersama AM 675 kHz - Syiar Tauhid Radio Ahlussunnah Wal Jama'ah ] ==