Hakikat sebuah Persahabatan

Pada pembahasan kitab Riyadhussholihin sebelumnya berkaitan dengan Fitnah kepemimpinan, sebagaimana Sabda Rasulullah : “Sungguh kalian  sangat bersemangat untuk mendapatkan kepemimpinan” dan fitnah ini terkadang lebih mengerikan daripada fitnah harta & wanita, dan menjadi cobaan yang besar bagi ummat ini.

Pada bab berikutnya yang berkaitan dengan persahabatan Imam Nawawi membukanya dengan sebuah ayat AlQur’an : “Bahwa mereka yang menjalin persahabatan yang erat sesama mereka kelak menjadi musuh kecuali orang yang bertakwa”.

Bahwasanya persahabatan yang didasari atas kepentingan dunia maka akan menjauhkan dari kemanfaatan dan kelak akan menjadi permusuhan di hari kiamat. Akan tetapi jika persahabatan tersebut didasari atas kepentingan Akhirat maka hal itu akan mendatangkan kemanfaatan di dunia & akhirat, dan manfaat di akhirat jauh lebih bermanfaat.

Berkata Ibnu Abbas : “Benar didunia ada keterkaitan hati, kelak di Akhirat sirna semua persahabatan yang dibangun bukan karena Allah”

Bagaimanakah Hakikat sebuah persahabatan yang benar? Simak Kajian selengkapnya dengan mendowloadnya disini

Post Author: Syi’ar tauhid

Syiar Tauhid adalah sebuah Stasiun Radio yang mengudara di frekuensi AM 675 kHz dan dipancarluaskan melalui media internet melalui streaming di www.syiartauhid.info yang menyajikan Program Kajian Ilmiah Ahlussunnah dengan tema pembahasan Akidah, Fikih, Adab, Muamalah, Keluarga, Pendidikan Anak, dll. == [ Mari Mendulang Faedah Ilmiah bersama AM 675 kHz - Syiar Tauhid Radio Ahlussunnah Wal Jama'ah ] ==