Banyak Bersumpah

Bersumpah artinya menguatkan sesuatu dengan menyebut nama yang diagungkan dengan lafazh yang khusus dengan menggunakan salah satu huruf sumpah yaitu Ba, Waw, dan Ta (dalam Bahasa Arab) dengan mengatakan Billahi, Wallahi, atau Tallahi yang berarti demi Allah.

Diantara penyimpangan lisan yang banyak dilakukan oleh manusia adalah banyak bersumpah, sehingga sumpah dianggap sebagai barang dagangan murahan yang tak ada harganya.

Syaikh Al Utsaimin mengatakan bahwa banyak bersumpah atas nama Allah menunjukkan bahwa di dalam hati orang tersebut sudah tidak ada lagi sikap pengagungan kepada Allah yang nama-Nya disebut dalam sumpahnya ini , padahal pengagungan kepada Allah termasuk bagian dari kesempurnaan tauhid seseorang.

Ibnu Abbas menyatakan bahwa orang yang banyak bersumpah berakibat akan banyak pula melanggar sumpahnya dan menunjukkan sikap menganggap enteng dan tidak mengagungkan Allah serta akibat lainnya yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan tauhid yang wajib dimiliki.

Yang menjadi dalil tentang hal ini adalah firman Allah Azza Wajalla : “ Dan peliharalah sumpah-sumpah kalian !” (QS. Al Maidah ayat 89).

Download Audio.

Post Author: dj.bejow